Selasa, 25 Maret 2014

Sebab peningkatan kasus kanker mulut terkuak

 Kasus kanker mulut meningkat drastis sebanyak 6000 lebih per tahun. Pihak Cancer Research di Inggris pun melakukan penelitian tentang penyebab dari peningkatan kasus kanker mulut tersebut. Hasilnya mengungkapkan bahwa peningkatan tersebut disebabkan oleh penyebaran human papilloma virus (HPV) atau virus papiloma manusia yang dipicu dari kegiatan seksual, yaitu seks oral.

HPV merupakan virus yang menyerang kulit dan membran mukosa pada manusia. Virus ini menyebabkan kutil dan juga infeksi pada kulit. HPV bahkan memiliki kemampuan untuk mengubah sel pada mulut menjadi kanker.

Sebanyak dua per tiga dari 6200 kasus kanker mulut merupakan pasien pria. Para ahli juga mengungkapkan bahwa selain oral seks yang mampu menularkan HPV, sebab utama kanker mulut biasanya dipicu oleh pria yang merokok aktif dan minum alkohol.

"Peningkatan ini menimbulkan pertanyaan bagaimana kanker bisa berkembang dan bagaimana mereka mempengaruhi orang-orang yang menyerangnya," tutur Richard Shaw, salah seorang ahli dari Cancer Research, seperti yang dikutip dari Daily Mail (17/03).

Namun seperti kebanyakan kanker, jika gejala kanker mulut ini dapat diketahui sejak dini, maka penderita akan bisa sembuh secara total. Sara Hiom, direktur informasi dari Cancer Research pun menambahkan bahwa kesadaran diri untuk kebersihan mulut sebaiknya selalu dijaga. Selain itu, dokter gigi juga berperan dalam mendeteksi gejala yang mencurigakan di dalam mulut para pasiennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar