Selasa, 25 Maret 2014

Si merah yang ampuh lawan penyakit

 Sayur dan buah-buahan segar mengandung anti-oksidan alami yang bisa membantu kerja tubuh. Kandungan nutrisi pada sayur dan buah dapat menurunkan risiko terkena sakit jantung koroner, stroke, dan beberapa kanker lain. Sayur dan buah mengandung sedikit kalori yang dapat mencegah timbulnya obesitas. Warna pada sayur dan buah sangat mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah khasiat sayur dan buah-buahan yang berwarna merah.

1. Pir merah
Seperti yang dilansir fruitsandveggiesmorematters.org, pir merah termasuk buah yang bebas lemak, lemak jenuh, natrium, dan kolesterol. Pir merah merupakan sumber yang baik untuk diet serat dan vitamin C. Buah ini dapat menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas dan kaya akan nutrisi anti-oksidan.

2. Cranberries
Buah ini bebas lemak, kolesterol, sodium, dan menjadi sumber serat dan vitamin C. Seperti dilansir dari whfoods.com, cranberries dapat mencegah infeksi saluran kemih, karena memiliki tingkat keasaman yang kuat.

3. Paprika merah
Ini merupakan salah satu jenis paprika yang sering kita temui di swalayan. Paprika merah termasuk sayur yang bebas lemak, lemak jenuh, dan kolesterol. Sayur ini kaya akan tiamin, vitamin B6, beta karoten, dan asam folat seperti yang dilansir everynutrient.com. Kandungan nutrisi tersebut membantu tubuh kita dari bahaya kanker dan sakit jantung.

4. Bawang merah
Salah satu jenis tanaman umbi ini mengandung banyak vitamin K dan C. Berdasarkan hasil penelitian, bawang merah berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dan menghambat kerusakan jaringan hati, kencing manis, dan menstruasi yang tidak teratur.

5. Beet merah
Beet merah merupakan sejenis sayuran yang sering disebut 'umbi merah'. Sayur ini bebas lemak, lemak jenuh, dan kolesterol. Beet juga kaya akan folat yang baik untuk ibu hamil dan janinnya, karena asam folat berperan dalam pembentukan DNA pada proses erithropoesis. Proses pembentukan sel-sel darah merah atau eritrosit (butir-butir darah merah) dan perkembangan sistem syaraf.

6. Kentang merah
Ini merupakan sejenis umbi yang kaya akan manfaat. Di Indonesia kentang merah tumbuh subur di daerah dataran tinggi Dieng. Kentang merah juga bagus untuk jantung dan dapat pula digunakan dalam pengobatan catarral (penyakit hidung dan tenggorokan yang menyebabkan hidung beringus terus). Kandungan protease inhibitor pada kentang ini mampu menetralisir virus-virus tertentu dan menghambat serangan kanker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar